Pengenalan Internet dan Web

Pengenalan Internet dan Web

A. Internet

Interconnected Network – atau yang lebih populer dengan sebutan Internet adalah sebuah sistem komunikasi global yang menghubungkan komputer-komputer dan jaringan-jaringan komputer di seluruh dunia.
Dalam berkomunikasi antar komputer global tersebut diperlukan suatu protokol yang disebut TCP/IP (transmission Control Protocol/Internet Protocol)
Protokol adalah suatu petunjuk yang menunjukkan pekerjaan yang akan user lakukan dengan internet (bahasa komunikasi), apakah akan mengakses website, melakukan transfer file, mengirim email, dan sebagainya. Protocol bisa dibayangkan seperti suatu bahasa yang digunakan untuk berkomunikasi antara berbagai jenis komputer maupun system operasi yang terhubung di internet.

B.Web

Web (World Wide Web) merupakan salah satu layanan yang didapat oleh pemakai komputer yang terhubung ke internet, yang dapat memudahkan pengguna komputer untuk berinteraksi dengan pengguna internet lainnya dan mencari informasi yang diperlukan. Informasi-informasi dalam web mempunyai link yang menghubungkan informasi tersebut ke informasi lain dalam jaringan internet. Link mempunyai tanda khusus, bisa berupa teks bergaris bawah dan berwarna, ikon maupun gambar yang dikelilingi suatu kotak.
Untuk mengetahui apakah suatu teks atau gambar tersebut merupakan tanda link adalah dengan melihat perubahan bentuk pointer mouse. Jika penunjuk mouse  berubah bentuk menjadi gambar tangan yang sedang menunjuk,berarti teks atau gambar merupakan suatu link yang menghubungkan anda ke informasi lain dalam World Wide Web.
System yang menghubungkan informasi-informasi melalui link disebut dengan nama hypertext. Istilah hypertext kemudian berubah menjadi hypermedia, dimana link-link penghubung antar informasi bukan lagi hanya berupa teks, tetapi juga bisa berupa file multimedia seperti gambar, suara dan video.
WWW sendiri bukan sekedar jaringan seperti internet namun didalamnya terdapat set aplikasi komunikasi dan system perangkat lunak yang memiliki karakteristik sebagai berikut :
  • Terletak pada internet host dan client.
  • Protocol yang digunakan adalah TCP/Ip.
  • Mengenal tag-tag HTML.
  • Mampu merelasikan komunikasi data dua arah.
  • Pengguna dapat mengakses informasi text, gambar, suara.
  • Model alamat URL (Uniform Resource Locator).
  • Pengguna dapat juga mengakses server dengan protocol HTTP, FTP, Telnet dan sebagainya.

Web saat ini digunakan sebagai standar interface pada layanan-layanan yang ada diinternet. Kegunaan web antara lain sebagai :

  • Penyedia informasi
  • Media komunikasi email
  • Transaksi bisnis

Disamping itu belakangan ini semakin bnyak perusahaan-perusahaan dan instansi yang menggunakan web sebagai suatu sistem informasi, karena :

  • Akses informasi yang mudah (real time)
  • Setup server lebih mudah
  • Informasi mudah didistribusikan
  • Multiplatform

C. Sejarah lahirnya Web

Pada tahun 1993, tim yang dikepalai oleh Berners-Lee di European Particle Physics Lab (CERN) di Geneva Swiss,mengembangkan suatu cara untuk menshare data antar koleganya dengan sesuatu yang disebut Hypertext. Pemakai di CERN dapat menampilkan dokumen pada layar komputer dengan menggunakan software baru. Dengan kode2 khusus yang disisipkan dalam dokumen tersebut maka pemakai dimungkinkan untuk meloncat dari dokumen satu ke dokumen lainnya pada monitor dengan memilih sebuah hyperlink. Cara inilah yang digunakan sebagai dasar dari yang disebut sekarang dengan World Wide Web,yang sekarang diteliti dan dikembangkan oleh W3C, World Wide Web Consortium.

D. Cara Kerja Web

Informasi web disimpan dalam dokumen yang disebut dengan halaman-halaman web (web pages)
Web page adalah file-file yang disimpan dalam sebuah komputer yang disebut web server.
Komputer-komputer membaca webpage,disebut sebagai web client.
Web client menampilkan page (halaman web) dengan menggunakan  program yang disebut sebagai browser.

E. HomePage

Setiap institusi perseorangan atau perusahaan yang memiliki informasi di web memerlukan suatu alamat (URL) khusus yang disebut website. Setiap informasi yang disimpan dalam suatu file yang berbeda disebut web page. Dalam page tersimpan berbagai informasi dan link yang menghubungkan suatu informasi ke informasi lain baik dalam web page yang sama atau web page lain pada website yang berbeda.
Sebelum mengakses berbagai informasi pada suatu website, yang pertama dijumpai adalah halaman web pembuka yang disebut home page. Home page ini merupakan halaman pertama dari suatu website yang berisi apa dan siapa dari perusahaan atau organisasi pemilik website tersebut. Home page juga berisi link-link ke dokumen informasi lebih lanjut tentang isi website tersebut. Pada dasarnya home page adalah sarana untuk memperkenalkan secara singkat tentang apa yang menjadi isi dari keseluruhan website dari suatu organisasi atau pribadi.

F. Hypertext Transfer Protocol (HTTP)

HTTP adalah suatu protocol untuk menentukan aturan yang harus diikuti oleh web browser dalam meminta atau mengambil suatu dokumen, dan oleh web server dalam menyediakan suatu dokumen yang diminta.
Protocol ini merupakan protocol standar yang digunakan untuk mengakses dokumen HTML. Jika kita sedang browsing dan pada address bar ada tulisan http://www.yahoo.com maka ini merupakan salah satu penggunaan protocol HTTP dalam web.

G. Universal Resource Locator

Salah satu subyek internet yang paling awal harus dikenal adalah URL (Uniform Resource Locator). URL dapat didefinisikan sebagai sarana untuk menentukan alamat yang akan dipakai untuk mengakses internet, khususnya website.
Secara garis besar , URL terdiri dari jenis protocol yang dipakai, nama webserver, dan direktori. Keseluruhan URL yang lengkap akan berbentuk seperti :

Protocol:// nama host / path / nama file

Penjelasan :

  • Protocol adalah protocol yang digunakan oleh suatu browser untuk mengambil informasi (http,ftp,mailto,dan lain-lain)
  • Nama host adalah nama dari host yang dipanggil atau internet protocol.
  • Path adalah lokasi path/direktori tempat file-file diletakkan pada webserver.
  • nama file adalah nama file yang dipanggil.

H. Domain Name System (DNS)

Komputer-komputer di internet menggunakan suatu format penamaan standar untuk mempermudah pengelolaan server komputer di internet. System penamaan server komputer adalah Domain Name System (DNS). DNS membuat suatu tingkat-tingkat domain yang merupakan kelompok komputer yang terhubung ke internet.
Suatu host dikenali berdasarkan nomor IP address, pengalamatan IP address, ini berupa susunan angka-angka, sedangkan manusia lebih mudah mengingat huruf dibandingkan angka. Unutk mempermudah maka dilakukan mapping (pemetaaan) IP address ke name address.
Dengan menggunakan name address ini maka perubahan konfigurasi terhadap sebuah host tidak mempengaruhi keberadaan host tersebut. Sehingga 1 mesin dapat menggunakan banyak nama tetapi 1 nama hanya boleh digunakan oleh 1 mesin saja

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s